Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Resume Medis Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum dr. Soegiri Lamongan Tahun 2016

Arfian Eka Nurwahyu Utomo

Abstract


Abstrak

Setiap rumah sakit diwajibkan untuk menyelenggarakan rekam medis. Mengingat pentingnya dokumen rekam medis untuk rumah sakit, maka diperlukan adanya pengendalian terhadap pengisian dokumen rekam medis. Didalam rekam medis terdapat lembar resume medis yang sangat penting dilengkapi. Ketidaklengkapan pengisian resume medis akan membuat proses pengobatan lanjutan kepada pasien terganggu karena data yang ada tidak berkesinambungan dari pelayanan sebelumnya, mutu pelayanan rumah sakit akan menurun, dan dokter yang merawat pasien tersebut tidak dapat melakukan perawatan berjenjang. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi kelengkapan resume medis pasien rawat inap di RSUD Dr. Soegiri Lamongan Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dan menggunakan desain cross sectional. Dalam penelitian ini didapatkan hasil analisis bivariat dengan nilai signifikasi untuk hubungan pengetahuan dan kelengkapan resume medis p values = 0,035, sikap dengan kelengkapan resume medis p values = 0,14, dan perilaku dengan kelengkapan resume medis p values = 0,025. Ada hubungan bermakna antara pengetahuan dokter dengan kelengkapan resume medis, sikap dokter dengan kelengkapan resume medis, dan perilaku dokter dengan kelengkapan resume medis.

Kata kunci : Pengetahuan, sikap, perilaku, kelengkapan resume medis


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Barnhouse, Ruth Tiffani “Male and Female,Christian Approaches to Sexuality” Milwauke: T Barnes III. 1984.

Bloom. S. B. Taxonomy of Educational Objectivitas The Classification Goals United States : Handbook. 1956.

Departemen Kesehatan RI. Pedoman Penyelenggaraan dan prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia.. Jakarta : Dirjen Pelayanan Medik. 2006.

Departemen Kesehatan RI. Pedoman Pengeolaan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Revisi 2. Jakarta : Dirjen Pelayanan Medik. 2008.

Depkes RI Direktorat Jendral Pelayanan Medik. Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Revisi I. Jakarta: 1997.

Dewi, Wahyu K. “Hubungan Antara Pengetahuan Dokter Tentang Rekam Medis Dengan Kelengkapan Pengisian Data Rekam Medis Dokter Yang Bertugas Di Bangsal Anak RSUP Dr. Kariadi SemarangPeriode 1-31 Agustus 2010”. SKRIPSI. Universitas Diponegoro. 2011

Fishbein dan Ajzen. The Multiple Processes by Which Past Behaviour Predicts Future Behaviour Berlin : Oulette 1998.

Green. L. W. Health Promotion Planning An Education and Environmental Approch, Second Edition. London : Toronto. 2000

Gani, Lilik. Peran Tehnologi Pendidikan dalam Meningkatkan Akses, Mutu dan Relevansi Pendidikan di Indonesia. Bandung : Institut Teknologi Bandung. 2008.

Gani, S. Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta. 2002

Hatta, Gemala. Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press). 2008.

Hatta, Gemala. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan Kesehatan, Edisi Revisi. Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press). 2011.

Huffman. E. K, Health Information Management Tenth Edition Illions. United States : Phycian Record Company. 1994.

Kartono. K. Psikologi Umum. Bandung : Mandar Maju. 1990.

Kusrinda, Ajenk V. A. “Hubungan Kelengkapan Pengisian Resume dengan Ketepatan Pembuatan Surat Keterangan Medis di RS. Bethesda 2014”. KTI. Universitas Gadjah Mada, 2014.

Mucchielli. A. Cybernetique et cerveau humain. Paris-Montreal : Bordas. 1992.

Notoadmodjo. S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. 2003.

Notoatmodjo, Soekidjo. Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prinsip-Prinsip Dasar), Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Nugraheni, P. “Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Dokter Dalam Kelengkapan Pengisian Resume Medis Rawat Inap RSU RA Kartini Jepara Tahun 2010”. SKRIPSI. Universitas Diponegoro. 2010

Pratiwi, Yulia D. “Analisis Kelengkapan Resume Medis di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemuliaan Jakarta Tahun 2009”. SKRIPSI. Universitas Indonesia. 2009

Sarwono, S. Sosiologi Kesehatan . Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada. 1993.

Sugiyato, Zaenal “Anilisis Perilaku Dokter Dalam Mengisi Kelengkapan Data Rekam Medis Lembar Resume Rawat Inap di RS Ungaran Tahun 2006”. TESIS. Universitas Diponegoro Semarang. 2006.

Steven, Langer A Content Management System for Medical Analysis Research. Minnesota : PMID. 2013.

Wijono. D. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya : Airlangga University Press. 1999.

Wilson, George F. A Clinical Chart For The Records Patients In Small Hospitals. Washingthon. Jama. 1965.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v4i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats