Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Menelan Obat Penderita TB Paru Program Dots di Puskesmas Kecamatan Ciracas Jakarta Timur

Zelfino Zelfino

Abstract


Abstrak

Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di dunia terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Berdasarkan laporan WHO (2009), setiap tahun di dunia diperkirakan terdapat 1,7 juta kematian karena TB dan Indonesia merupakan penyumbang nomor lima terbesar di dunia. Puskesmas Ciracas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan pelaksana penanggulangan TB nasional telah melaksanakan program pemberantasan TB dengan strategi DOTS dimana pada tahun 2009 angka keberhasilan pengobatan hanya 76% dengan case detection rate (CDR) mencapai 65%.  Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien TB paru di Puskesmas Ciracas. Sampel penelitian berjumlah 100 orang yang ditentukan dengan cara random sampling,  yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada penderita tuberculosis paru yang terpilih sebagai responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel pendidikan (p = 0,000), pengetahuan (p = 0,001), pengawas menelan obat (p = 0,001), dan dukungan tenaga kesehatan (p = 0,000).  Dari hasil uji multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik ditemukan bahwa faktor yang paling besar memberikan pengaruhnya terhadap kepatuhan menelan obat adalah pendidikan (p = 0,001), dan dukungan tenaga kesehatan (p = 0,000). Disarankan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta perlu meningkatkan program pencegahan melalui berbagai macam cara promosi kesehatan, yang lebih komprehensif dan adekuat diantaranya melalui petugas kesehatan di Puskesmas Ciracas yang melakukan penyuluhan secara lebih intensif kepada penderita TB dan petugas menelan obat,  agar tercapai keberhasilan program penanggulangan TB.

Kata kunci: TB paru, perilaku menelan obat, DOTS

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Clifford T. Morgan, ”Introduction To Psychology”, McGraw Hill International Editions, Singapore, 1986.

Data Rekam Medik Puskesmas Kecamatan Ciracas, 2010

DepKes RI, “Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis”, Edisi ke 2 Cetakan Pertama, Jakarta, 2006.

Gitawati R., “Penelitian Pengaruh adanya ‘Pengawas Obat’ (PMO) terhadap Keberhasilan Pengobatan Kasus Baru Tuberkolosis Paru (TB Paru) di Beberapa Puskesmas di DKI Jakarta”, 2002.

http://bidanlia.blogspot.com/2009_06_09_archive.html

http://fildza.wordpress.com/2008/04/24/penanggulangan-tbc-dengan-strategi-dots/

http://www.tbindonesia.or.id/pdf/PEDOMAN_HTBS_2011.pdf

Http://yosifebrianti.wordpress.com/2009/12/21/kepatuhan-minum-obat/

Jepson, M.H., “Patient Compliance and Counselling”, Diana M., Aulton, ME., Pharmaceutical Practice, Churscill Livingstone, London, 1990.

Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, “Pedoman Pelaksanaan Hari TB Sedunia”, Hal 2, Bakti Husada, Jakarta, 2011.

Lynda Juall Carpenito, “Rencana Asuhan dan Dokumentasi Keperawatan”, edisi 2, EGC, Jakarta, 1999.

Mansjoer, Arif ,dkk, “Kapita Selekta Kedokteran”, Edisi II, Fakultas Kedokteran UI Media Aescullapius, Jakarta, 1999.

Muzaham, S., “Sosiologi Kesehatan”, UI Pres, Jakarta, 2007.

Schnipper, JL, Jennifer, LK, Michael, CC, Stephanie, AW, Brandon, AB, Emily, T, Allen, K, Mark, H, Christoper, LR, Sylvia, CM, David, WB., “Role of Pharmacist Counseling in Preventing Adverse Drug Events After Hospitalization”, Archives of Internal Medicine, Vol 166.565-571, USA, 2006.

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur. ”Laporan Tahunan Tahun 2010”, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 2010.

Sumiarto, “Perumahan dan Pemukiman, Sejarah dan Tantangan di Depan”, Forum Perencanaan Pembangunan Vol 1 Nomor 2, UGM, Yogyakarta, Desember, 1993.

Underwood, J.C.E., ”Patologi Umum dan Sistematik”, Volume 2, EGC, Jakarta, 1999.

WHO, ”The Impact of Tuberculosis Control in China”, Geneva, 2003.

Widoyono, “Penyakit Tropis: Epidemiologi, Penularan, Pencegahan, dan Pemberantasannya”, Penerbit Erlangga, Semarang, 2008.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v2i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats