Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Rekam Medis Pasca Pandemi
Abstract
Abstract
Motivation is a movement within a person, one of which is learning. High motivation will create good results, too. This research aims to determine the description of learning motivation in students of the Medical Records and Health Information study program at Esa Unggul University in the post-pandemic period through six indicators, namely intrinsic, extrinsic, task value, learning control, self-efficacy, and anxiety. This research uses a descriptive method with a quantitative approach. The research sample consisted of 82 students from three different classes. The results of this research show that based on intrinsic indicators 75.2%, extrinsic 81.4%, task value 76.5%, learning control 76.5%, self-efficacy 80.3%, and anxiety 73.4%), the results obtained that post-pandemic medical records students' learning motivation was 51.2% high motivation and 48.8% low motivation.
Keyword: medical record students, learning motivation, MSLQ
Abstrak
Motivasi merupakan gerakan dalam diri seseorang salah satunya dalam belajar. Motivasi yang tinggi akan menciptakan hasil yang baik juga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi belajar pada mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul di pasca pandemi melalui enam indikator yakni intrinsik, ekstrinsik, nilai tugas, pengendalian pembelajaran, efikasi diri, dan kecemasan. Penelitian ini memakai metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 82 mahasiswa dengan tiga angkatan berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan indikator intrinsik 75,2%, ekstrinsik 81,4%, nilai tugas 76,5%, pengendalian pembelajaran 76,5%, efikasi diri 80,3%, dan kecemasan 73,4%, sehingga didapatkan hasil bahwa motivasi belajar mahasiswa rekam medis di pasca pandemi 51,2% motivasi tinggi dan 48,8% motivasi rendah.
Kata Kunci: mahasiswa rekam medis, motivasi belajar, MSLQ
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Perpres RI. Perpres No 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan [Internet]. 2021. p. 49. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Details/165024/pp-no-57-tahun-2021
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi [Internet]. Republik Indonesia. 2012. p. 44. Available from: https://peraturan.go.id/files/uu12-2012bt.pdf
Gustia D, Rosyid A. Pengaruh Penerapan Belajar Dari Rumah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Serdang Wetan. Didaktika [Internet]. 2021;1(3):427–39. Available from: https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika/article/view/38588
Triwantoro B. Perbedaan Motivasi Belajar antara Mahasiswa Pekerja dengan Mahasiswa Aktivis pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Motivasi [Internet]. 2017;16. Available from: http://repository.untag-sby.ac.id/1030/8/JURNAL.pdf
KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia [Internet]. 2023 [cited 2023 Aug 20]. Available from: https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Maghfuroh L. Minat Dan Motivasi Belajar Di Perguruan Tinggi [Internet]. 2019. 72 p.
Sardiman. Interaksi & motivasi belajar mengajar [Internet]. 1st ed. Depok: Rajawalil Pers; 2018. 233–236 p. Available from: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1136421
Uno HB. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan [Internet]. 2021. 128 p.
Pintrich P, Smith DAF, Garcia T, McKeachie WJ. A Manual for the Use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). ERIC [Internet]. 1993 [cited 2024 Jan 12];3–75. Available from: https://eric.ed.gov/?id=ED338122
Mulyani ES. Perbedaan Motivasi Belajar Antara Mahasiswa yang Bekerja dan Tidak Bekerja Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945. Motivasi [Internet]. 2013 [cited 2023 Oct 7];1(1):10. Available from: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MTV/article/view/226/340
Dewi TM. Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Di Universitas Esa Unggul. Respository Univ Esa Unggul [Internet]. 2018 [cited 2023 Nov 7];1–57. Available from: https://digilib.esaunggul.ac.id/UEU-Undergraduate-201536076/11968/motivasi-belajar
Rachman LA, Rumana NA, Fannya P, Indawati L. Motivasi Belajar Mahasiswa Rekam Medis pada Pembelajaran Online di Masa Pandemi. Edu Cendikia J Ilm Kependidikan. 2021;1(3):95–105.
Nurrokhim M. Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Melalui Quantum Teaching. Res Dev J Educ [Internet]. 2018;5(1):11. Available from: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/3389/2373
Irawati R, Rumi A, Parumpu FA. Gambaran Tingkat Pengetahuan Swamedikasi Obat Analgesik Pada Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Tadulako Di Kota Palu. J Heal Sains [Internet]. 2021;2(3):350–61. Available from: https://www.jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/article/view/107/192
Sari DA, Wijaya D, Purwandari R. Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Keperawatan dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners di PSIK Universitas Jember. e-Journal Pustaka Kesehat [Internet]. 2017;5(3):505–12. Available from: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/6159/4565
Timbang KUS, Kusumawati RY., Murti HAS. Perbedaan Motivasi Belajar antara Mahasiswa yang Bekerja dan yang Tidak Bekerja di Universitas Kristen Satya Wacana. 2014;
Taylor RT. Review of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) Using Reliability Generalization Techniques to Assess Scale Reliability. Diss Submitt to Grad Fac Auburn Univ [Internet]. 2012;1–166. Available from: https://etd.auburn.edu/bitstream/handle/10415/3114/Dissertation - TaylorRobin 2012.pdf?sequence=2&isAllowed=y
Nalle AP, Saba KR, Masi LM. the Description of Guidance and Counseling Students’ Learning Motivation in Taking Online-Based Learning During the Pandemic. J Phys Educ Heal Sport Sci [Internet]. 2020;1(2):94–105. Available from: http://http//ejurnal.undana.ac.id/JPEHSSDoi:https://doi.org/10.35508/jpehss.v1i2
Afrilia AM. Personal Branding Remaja di Era Digital [Internet]. Vol. 11, Jurnal Komunikasi. 2018. Available from: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/download/3626/pdf
Arisandi RF. Pengaruh Proses Belajar Mengajar, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Kampus Terhadap Prestasi Belajar. J Ekon Ef. 2021;3(2):234–41.
Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito; 2006. 508 p.
Walle VDAJ. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. 6th ed. Jakarta: Erlangga; 2008. 273 p.
Sukaswanto. Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statika dan Kekuatan Material. J Pendidik Teknol dan Kejuru [Internet]. 2013;21(4):314–24. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/164057-ID-diagnosis-kesulitan-belajar-mahasiswa-pa.pdf
Suryani L, Seto SB, Bantas MGD. Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. J Kependidikan J Has Penelit dan Kaji Kepustakaan di Bid Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran [Internet]. 2020;6(2):275. Available from: https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2609/1915
Buyung, Wahyuni R, Mariyam M. Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A. J Educ Rev Res [Internet]. 2022;5(1):46. Available from: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/download/3538/pdf
Langnegara OP. Motivasi Mahasiswa Pria Program Studi Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul Dalam Menyelesaikan Kuliah Tepat Waktu. 2018; Available from:https://digilib.esaunggul.ac.id/motivasi-mahasiswa-pria-program-studi-rekam-medis-dan-informasi-kesehatan-universitas-esaunggul-dalam-menyelesaikan-kuliah-tepat-waktu-11341.html
Haerunnisa D, Imami AI. Analisis Kecemasan Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Didact Math [Internet]. 2022;4(1):23–30. Available from: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/2015/1342
Wahyuni S, Batubara IH. Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. J Manaj Pendidik Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] [Internet]. 2021;2(2):48–51. Available from: https://scholar.archive.org/work/milnuv7sujgo7k6byyx6ioljxm/access/wayback/http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/download/7103/pdf_13
Setyorini D. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Studi Kasus Pada Program Studi Teknik Sipil Institut Sains Dan Teknologi Al Kamal Jakarta. AKRAB JUARA [Internet]. 2018;3(1):139–48. Available from: https://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/69/55
Widodo SA, Laelasari L, Sari RM, Dewi Nur IR, Putrianti FG. Analisis Faktor Tingkat Kecemasan, Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Taman Cendekia J Pendidik Ke-SD-an [Internet]. 2017;1(1):67–77. Available from: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/1581/706
Suardana AAPCP, Simarmata N. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional. J Psikol Udayana [Internet]. 2013;1(1):203–12.
DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v12i2.584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510
Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats