Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Penerimaan Aplikasi Puskesmas Tanpa Antrian (PUSTAKA) di Puskesmas Rowosari

Lutfiyah Rizqulloh, Muhammad Iqbal, Adelia Puspitasari

Abstract


Abstract

Problems that occur in Puskesmas services are often related to waiting times to provide services to patients who are still long. To deal with this, the Semarang City Health Office made a policy for Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang (PUSTAKA). One of the PUSTAKA implementations is at the Rowosari Health Center, in recent years it has decreased in 2020 and has increased in 2022. The purpose of the study was to determine the influencing factors based on the Technology Acceptance Mode (TAM) model on the acceptance of the PUSTAKA application to Rowosari Health Center visitors. Quantitative research using a cross sectional design. The sample came from 145 visitors to the Rowosari Health Center, processing data with Univariate, Bivariate and Multivariate analysis with multiple logistic regression tests. The results show the relationship between perceived ease of use p = 0.000 with OR = 7.056, perceived usefulness p = 0.000 with OR = 5.749, Attitude Toward Using p = 0.002 with OR = 3.630, Behavioral Intention to Use p = 0.023 with OR = 2,429 towards the use of the PUSTAKA application for visitors to the Rowosari Health Center. Acceptance of literature at the Rowosari Health Center has a significant relationship with perceptions of convenience, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavioral Intention to Use and Attitude Toward Using in the Technology Acceptance Mode (TAM) Model. The usefulness variable is the most dominant variable on the use of the LIBRARY application with an OR value of 5.239.

Keyword: Rowosari Health Center, PUSTAKA, Technology Acceptance Model

 

Abstrak

Problem yang terjadi pada pelayanan Puskesmas sering berhubungan di waktu tunggu untuk memberikan pelayanan kepada pasien yang masih lama. Menanggulangi hal tersebut Dinas Kesehatan Kota Semarang membuat kebijakan Program Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang (PUSTAKA). Salah satu Pelaksanaan PUSTAKA yaitu di Puskesmas Rowosari, dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan ditahun 2020 dan mengalami kenaikan ditahun 2022. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi berdasarkan model Technology Acceptance Mode (TAM) terhadap penerimaan aplikasi PUSTAKA  pada Pengunjung Puskesmas Rowosari. Penelitian dengan Kuantitatif menggunakan desain Cross Sectional. Sampel berasal dari 145 Penunjung Puskesmas Rowosari, pengolahan data dengan analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat dengan uji regresi logistik berganda Hasil menunjukan hubungan antara persepsi kemudahan p= 0,000 dengan OR= 7,056, persepsi kebermanfaatan p= 0,000 dengan OR= 5,749, sikap pengguna p= 0,002 dengan OR= 3,630, persepsi minat p= 0,023 dengan OR= 2,429) terhadap penggunaan aplikasi PUSTAKA pada pengunjung Puskesmas Rowosari. Penerimaan PUSTAKA di Puskesmas Rowosari memiliki hubungan yang signifikansi terhadap persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, sikap pengguna dan persepsi minat dalam Technology Acceptance Model (TAM). Variabel kebermanfaatan menjadi variabel yang paling dominan terhadap penggunaan aplikasi PUSTAKA dengan nilai OR = 5,239.

Kata Kunci: Puskemas Rowosari, PUSTAKA, Technology Acceptance Model


Keywords


Rowosari Health Center; PUSTAKA; Technology Acceptance Model

Full Text:

PDF

References


Heryana A, Unggul. Karakteristik Antrian pada Pelayanan Kesehatan. 2018;(August).

Anggraeni R. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan dan Penggunaan Aktual Layanan Jejaring Sosial Berbasis Lokasi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). 2015;44–52.

Supriyadi A. Analisis Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Elektronik (Simpustronik) Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Petugas Bp (Balai Pengobatan) Puskesmas Di Kabupaten Situbondo. Skripsi. 2016.

Prameswati ND, Suryoputro A, Fatmasari EY. Analisis Kesiapan Puskesmas Dalam Pelaksanaan Program Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang ( PUSTAKA ) di Kota Semarang. 2019;

Dwi Meiliana Sari RDP. Analisis Penyebab Penumpukan Antrian Pasien Di Tempat Penerimaan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Playen I Gunung Kidul Yogyakarta. 2016; Available from: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/98052

Yuliani- K. Evaluasi Program Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang (Pustaka) Di Dinas Kesehatan Kota Semarang. 2020;2020.

Kinerja He, Usaha E, Sosial Danp. Dengan Penerimaan Masyarakat Dalam Penggunaan Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang ( Pustaka ) Di Puskesmas Poncol Semarang. 2021;9.

Sella Safriana Geby A, Nina Widowati DH. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. 2015;

Negari N, Eryando T. Analisis Penerimaan Sistem Informasi Pencatatan dan Pelaporan Kasus Acceptance Model ( TAM ) di UPT Puskesmas Cipadung Kota Bandung Analysis of Receiving Information System Recording and Reporting of COVID-19 Case ( Silacak Application Version 1 . 2 . 5 ) Using Technology Acceptance Model ( Tam ) at UPT Puskesmas Cipadung , Bandung City. 19.

Irawati T, Rimawati E, Pramesti NA. Penggunaan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses). 2020;04(2019):106–20.

Rokhmah S, Setyaningsih PW. Analisis Technology Acceptance Model ( Tam ) Pada Aplikasi E-Learning di Kalangan Dosen Dan. 2020;(November):210–8.

Ahyar H, Maret US, Andriani H, Sukmana DJ, Mada UG. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu; 2020.

Burhan Bungin. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. 9th ed. Agus Supriyatna, editor. Jakarta: KENCANA; 2017. 304 p.

Hasanuddin M. Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model ( TAM ) Related papers. 2019;

Nurul Citra Noviandini. Pengaruh Persepsikebermanfaatan,Persepsi Kemudahanpenggunaan,Dankepuasanwajib Pajak Terhadappenggunaane-Filing Bagiwajib Pajak di Yogyakarta. 2012;I:15–22.

Roziqin MC, Rachmatta D, Mudiono P, Amalia N, Jember PN, Korespondensi P, et al. Analysis Of Simpus Acceptance Reviewed By User Perception In Public Health Center Using Tam Method. 2021;8(1).

Palupi R. Hubungan Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Pengggunaan Dan Sikap Pengguna Dengan Penggunaan Aktual Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). 2015;1–10.

Tombilayuk L, Audia D. Aplikasi Sistem Antrian Online (Studi Kasus Dinas Perhubungan dan Puskesmas Bontang Utara ) Online Queue System Application (Case Study From The Transportation Department and North Bontang Health. 2018;123–33

Casela FA. Hubungan Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Intensi Menggunakan M-Commerce pada Mahasiswa. 2014;1–8.

Yogananda AS. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Universitas Diponegoro; 2017.

Mulyana A, Hidayat S. Hubungan Antara Persepsi , Minat , dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Relationship between Perception , Attitudes and Interests of. 2013;315–30.

Adhiputra MW. Aplikasi Technology Acceptance Model terhadap Pengguna Layanan Internet Banking. 2015;2(1):52–63.

Sri tutik Muntianah, Endang Siti Astuti DFA. Pengaruh minat perilaku terhadap Actual Use Teknologi Informasi dengan Pendekatan Techonoly Acceptance Model (TAM). 2012;6(1):88–113.

Siti Muniroh. Analisis Pengaruh Faktor Kemudahan dan Manfaat Erp Terhadap Penerima Sistem Menggunakan Metode TAM (Technology Acceptance Model). 2018;1–14.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v10i2.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats