Hubungan Faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap Manfaat Nyata Penerapan ePuskesmas di Puskesmas I Denpasar Selatan
Abstract
Abstract
Health center management and quality can be seen from the electronic information sistem implemented by officers to provide better services. The government always tries to make changes for the better by implementing the ePuskesmas information sistem. The implementation of ePuskesmas in each region is expected to be able to improve the quality of services even better with web-based technology. The implementation of ePuskesmas is also expected to make it easier for users to provide services to the community so that they can save time and provide good benefits for users and service recipients. One way that can be done to develop a sistem that is well received by its users is to use the End User Computing Satsfaction (EUCS) method consisting of format factors, content, accuracy, ease of use, and timeliness. This method is used to develop the sistem by looking at the technological aspects and factors that satisfy users. The purpose of this study was to determine the relationship between End User Computing Satsfaction (EUCS) and the real benefits of implementing ePuskesmas at Puskesmas I, South Denpasar. This research method uses a quantitative design with a cross sectional design. The population of this study was 46 and the sample size was 32 ePuskesmas officers consisting of 5 doctors, 11 nurses, 6 midwives, 1 nutritionist, 6 admissions, 1 IT officer, and 2 RM officers. Collecting data using a questionnaire with data analysis with Chi Square test obtained p value = 0.012 <0.05. Keywords that the End User Computing Satisfaction (EUCS) factor has a significant relationship to the real benefits of implementing ePuskesmas. The Odds Ratio (OR) value of 11.7 employees who are satisfied with the implementation of ePuskesmas increases the chance of a positive perception of real benefits by 11.7 times compared to officers who are not satisfied based on the EUCS factor. The results showed that there was a significant relationship between the End User Computing Satisfaction (EUCS) factor and the real benefits of implementing ePuskesmas by officers at Puskesmas I, South Denpasar.
Keyword: End User Computing Satisfaction (EUCS), ePuskesmas, Net Benefit
Abstrak
Peningkatan manajemen dan mutu pelayanan Puskesmas dilihat dari sistem informasi elektronik yang diterapkan oleh petugas untuk memberikan kemudahan pelayanan. Pemerintah selalu berupaya untuk melakukan perubahan ke arah lebih baik salah satunya dengan menerapkan sistem informasi ePuskesmas. Penerapan ePuskesmas di setiap wilayah diharapkan mampu memperbaiki mutu pelayanan lebih baik lagi dengan berbasis teknologi berbasis web. Penerapan ePuskesmas diharapkan mampu memudahkan pengguna dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar hemat waktu dan bermanfaat positif baik bagi pengguna maupun penerima pelayanan. Salah satu cara untuk mengevaluasi keberhasilan suatu sistem itu dapat diterima dengan baik bagi penggunanya adalah dengan menggunakan metode End User Computing Satsfaction (EUCS) terdiri dari faktor format, content, accurancy, ease of use dan timeliness. Metode ini biasa digunakan dalam mengevaluasi sistem dengan melihat aspek teknologi dan faktor-faktor yang membentuk kepuasan pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap manfaat nyata pada penerapan ePuskesmas di Puskesmas I Denpasar Selatan. Metode penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 46 dan besar sampel 32 petugas ePuskesmas yang terdiri dari 5 dokter, 11 perawat, 6 bidan, 1 ahli gizi, 6 admisi, 1 petugas IT, dan 2 petugas RM. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis data dengan Uji Chi Square diperoleh nilai p=0,012<0,05. Makan disimpulkan bahwa faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) memiliki hubungan yang bermakna terhadap manfaat nyata penerapan ePuskesmas. Nilai Odds Ratio (OR) yaitu 11,7 artinya petugas yang puas dengan penerapan ePuskesmas meningkatkan peluang persepsi positif terhadap manfaat nyata sebesar 11,7 kali dibandingkan dengan petugas yang tidak puas berdasarkan faktor EUCS. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan manfaat nyata penerapan ePuskesmas oleh petugas di Puskesmas I Denpasar Selatan.
Kata Kunci: End User Computing Satisfaction (EUCS), ePuskesmas, Manfaat Nyata
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chang M-Y, Pang C, Michael Tarn J, Liu T-S, Yen DC. Exploring user acceptance of an e-hospital service: An empirical study in Taiwan. Comput Stand Interfaces [Internet]. 2015 Feb;38:35–43. Available from: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0920548914000828
Doll WJ, Torkzadeh G. The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Q [Internet]. 1988 Jun;12(2):259. Available from: https://www.jstor.org/stable/248851?origin=crossref
Rasman YIK. Gambaran hubungan unsur-unsur end user computing satisfaction terhadap kepuasan pengguna sistem informasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok. Universitas Sriwijaya; 2012.
Istianah. Evaluasi penerapan rekam medis elektronik (RME) berdasrkan aspek organisasi dalam metode hot-fit di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih. Pros 1 Senwodipa MIK Univ Esa Unggul. 2017;
Yusof MM, Kuljis J, Papazafeiropoulou A, Stergioulas LK. An evaluation framework for Health Information Systems: human, organization and technology-fit factors (HOT-fit). Int J Med Inform [Internet]. 2008 Jun;77(6):386–98. Available from: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1386505607001608
Seth A, John Coffie A, Richard A, Adu-Yeboah Stephen S. Hospital Administration Management Technology Adoption; A Theoretical Test of Technology Acceptance Model and Theory of Planned Behavior on HAMT Adoption. Am J Public Heal Res [Internet]. 2019 Jun 4;7(1):21–6. Available from: http://pubs.sciepub.com/ajphr/7/1/4/index.html
Nursalam. 75 Konsep dan penerapan metodologi.pdf. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. 2018.
Adrianti H. Pengaruh faktor end user computing satisfaction (EUCS) terhadap manfaat nyara petugas sistem informasi elektronik (E-Puskesmas) di Puskesmas Sawah Besar Jakarta. Indones Heal Inf Manag J. 2018;6(1).
Nurul Khatimah Ismatullah, Aris Puji Widodo, Sri Achadi Nugraheni. Model EUCS (End User Computing Satisfaction) untuk Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Bidang Kesehatan : Literature Review. Media Publ Promosi Kesehat Indones [Internet]. 2022 Apr 7;5(5):463–7. Available from: https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/MPPKI/article/view/2343
RI KK. Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Indonesia; 2014.
Wulandari F. Efektivitas Penerapan Layanan e-Puskesmas di Kota Makassar. 2016.
No Title [Internet]. 2016. Available from: ePuskesmas.id
Hsiao J-L, Chen R-F. Critical factors influencing physicians’ intention to use computerized clinical practice guidelines: an integrative model of activity theory and the technology acceptance model. BMC Med Inform Decis Mak [Internet]. 2015 Dec 16;16(1):3. Available from: http://www.biomedcentral.com/1472-6947/16/3
EPuskesmas. Manual book: Manajemen Pasien Puskesmas. 2016.
Tasmil. Penilaian Tingkat Adopsi Aplikasi ePuskesmas dengan Perspektif Technology Acceptance Model. Jurnal Pekommas. 2014. 161–168 p.
Tarigan SFN, Maksum TS. Pemanfaatan Layanan Sistem Informasi E-Puskesmas dengan Menggunakan Metode PIECES. Jambura Heal Sport J [Internet]. 2022 Feb 28;4(1):29–36. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jhsj/article/view/13446
DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v10i2.431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510
Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats