Pengembangan dan Uji coba Media Pembelajaran Praktikum Laboratorium Manajemen Rekam Medis Berbasis Video Tutorial
Puput Sugiarto, Hidayatul Maula, Dian Wara Dewi, Nadzia Farahdin Agnur
Abstract
Abstract
The Implementation of learning on Prodi D3 RMIKPoltekkes Kemenkes Semarang includes learning in the classroom, laboratory, and field with learning methods that have been developed. Practical learning both in laboratory and field are important things that must be considered in vocational education. Therefore, it is necessary to emphasize practical learning both laboratory and field. It’s also necessary to develop the laboratory practicum learning tool related tomedical record management on Prodi D3 RMIK. The research method that we used was research and development method (R&D). This research step includes analysis of needs, design, validation design, andtrial ofthe design result. This research aims to produce certain products and test the effectiveness of these products. In this research, we made a video tutorial for medical record management practicum. The results of the 3 video research have been validated by experts with conclusions, all the three of them are“valid” and “very valid” in material testing and media testing. From the practicality test toward the videos,we got “practical” and “very practical” as the result. Meanwhile from the effectiveness test toward the videos, we got “effective” as the result.
Keywords: tutorial video, practicum, medical record management
Abstrak
Pelaksanaan pembelajaran pada Prodi D3 RMIK Poltekkes Kemenkes Semarang meliputi pembelajaran teori klasikal, praktik laboratorium, dan lapangan dengan metode pembelajaran yang telah dikembangkan. Pembelajaran praktik di laboratorium dan lapangan merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam pendidikan vokasional. Oleh karena itu, perlu adanya penekanan pembelajaran praktik baik laboratorium maupun lapangan. Diperlukan pula pengembangan media pembelajaran praktikum laboratorium terkait manajemen rekam medis pada Prodi D3 RMIK. Metode penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Tahapan pada penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan desain, validasi rancangan, dan uji coba hasil perancangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk baru atau hasil modifikasi serta menguji keefektifan dari produk yang dihasilkan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa video tutorial praktikum manajemen rekam medis. Hasil penelitian 3 video telah mendapatkan validasi oleh ahli atau pakar dengan kesimpulan valid dan sangat valid dalam uji materi dan uji media. Uji praktikalitas terhadap video diperoleh hasil praktis dan sangat praktis. Uji keefektivitasan terhadap video diperoleh hasil efektif.
Kata Kunci : video tutorial, praktikum, manajemen rekam medis
Polkesmar. Kurikulum Pendidikan Diploma 3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Semarang: Polkesmar; 2019.
Arsyad A. Media Pembelajaran. 1st ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2002.
Sugiarto; SIP. Strategi Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar Mahasiswa Prodi D III Rekam Medis Informasi Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. 2013; Available from: http://repository.poltekkes-smg.ac.id//index.php?p=show_detail&id=12547
Andreas LO, Gusmareta Y. Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah Dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial Laras. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2016.
Anggi Merdiansyah Ritonga, Imam Syofii D. Pengembangan M E Dia Pembelajaran Video Tutorial Pada Praktikum Mata Kuliah Korosi Dan Teknik. J Pendidik Tek Mesin Vol. 2020;7(Mei).
Budi SC. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media; 2011.
Sudra RI. Rekam Medis. Banten: Universitas Terbuka; 2020.
Depkes RI. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI; 1997.
Kartono G, Mesra M, Azis ACK. Pengembangan Media Ajar Grafis Komputer Materi Wpap Dalam Bentuk E-Book Dan Video Tutorial Bagi Mahasiswa Seni Rupa. Gorga J Seni Rupa. 2020;9(1):127.