Tinjauan Penerapan E-Puskesmas Pada Puskesmas Babelan I Kabupaten Bekasi

Selvy Magdalena, Noor Yulia, Dina Sonia, Puteri Fannya

Abstract


Abstract

Health Centers take advantage of advances in information technology to meet the demands for fast and accurate health services. The ePuskesmas application manifests technology and communication, significantly enhancing excellent patient service. The objective is to review the implementation of ePuskesmas at the Babelan I Health Center in Bekasi Regency. Descriptive Research Methods with a qualitative approach to analysis. Data collection techniques through observation and interviews with six research informants using interview guide instruments. Research Results: The contents of the SPO of ePuskesmas administration do not follow the ePuskesmas ManualBook. At the Puskesmas, units still have not implemented ePuskesmas (Medical Record Unit, HIV Poly, Leprosy Poly, Pharmacy Unit). In practice, not all officers can use ePuskesmas optimally. The main obstacle factor is that the Man (Human Resources) is still lacking in terms of quality and quantity, the ePuskesmas filling method is not under the Manual Book, the data input material to ePuskesmas is not complete, sometimes the system is not integrated, Machine The availability of facilities and infrastructure is still lacking. The conclusion is that implementing ePuskesmas in the Babelan I Health Center Outpatient Unit is not optimal because not all units use ePuskesmas according to the Manual Book. Suggestion: The SOP for the procedures for implementing ePuskesmas is revised and disseminated to all units.

Keywords: ePuskesmas, SPO, Constraint factor

 

Abstrak

Puskesmas memanfaatkan kemajuan informasi teknologi dalam memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan yang cepat dan akurat. Aplikasi ePuskesmas merupakan wujud penerapan teknologi dan komunikasi yang memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan pelayanan prima kepada pasien. Tujuan Penelitian: meninjau Penerapan ePuskesmas pada Puskesmas Babelan I Kabupaten Bekasi. Metode Penelitian Deskriptif dengan analisa pendekatan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada 6 orang informan penelitian dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara. Hasil Penelitian: Isi dari SPO tata laksana ePuskesmas belum sesuai dengan ManualBook ePuskesmas, di Puskesmas masih ada unit yang belum menerapkan ePuskesmas (Unit Rekam Medis, Poli HIV, Poli Kusta, Unit Farmasi), dalam pelaksanaannya belum semua petugas dapat menggunakan ePuskesmas secara optimal, Faktor kendala utama adalah Man (Sumber Daya Manusia) masih kurang dari segi kualitas dan kuantitas, Method (Metode) pengisian ePuskesmas belum sesuai ManualBook, Material (Bahan) data yang di input ke ePuskesmas belum lengkap, kadang sistem tidak terintegrasi, Machine (Mesin) Ketersediaan sarana dan prasarana masih kurang. Kesimpulan: Penerapan ePuskesmas di Unit Rawat Jalan Puskesmas Babelan I belum optimal karena belum semua Unit menggunakan ePuskesmas sesuai dengan ManualBook. Saran: SPO tata cara penerapan ePuskesmas direvisi dan disosialisasikan untuk semua unit.

Kata Kunci: ePuskesmas, SPO, Faktor kendala

 


Keywords


ePuskesmas; SPO; Faktor kendala

Full Text:

PDF

References


Permenkes RI. No 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2019.

Helling, S. L., Wahyudi, E., & Hasanudin, H. Siremis: Sistem Informasi Rekam Medis Puskesmas Kecamatan Matraman Jakarta. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi. 2019 3(2), 116. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12597

Dewi Utami, A., Astuti, R., & Werdani Estu, K. Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ). Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015 Aug 05. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36185

Devi Zulfa, F., & Dewi Rachama, E. Studi Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat), 2019 Febuari, Vol. 7. https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/view/298/190

Thenu, V. J., Sediyono, E., Purnami, C. T., Program, M., Magister, P., & Masyarakat, I. K. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Guna Mendukung Penerapan Sikda Generik Menggunakan Metode Hot Fit Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. 2016 November 29, Vol 5 No 2. https://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jutim/article/view/1139

Erni, D. Analisis Penerapan Aplikasi E-Puskesmas Di Puskesmas Ambacang Dan Puskesmas Kuranji Kota Padang Tahun 2018. 2018 Oct 05. http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38088

Permenkes RI. No 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2022.

UU RI. No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. 2016.

Agustin, Lady, Latif, A., Mustopa, A., Fachrurozi, A., Nusa, S., & Jakarta, M. Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web Pada Puskesmas Rasau Jaya Pontianak Menggunakan Framework Laravel 5.6. In Jurnal Infortech (Vol. 1, Issue 2), 2019. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech92

Mazra Putri, H., Saras Pertiwi, T., Author, C., Saras, T., Prodi, P., Kesehatan, M. I., & Kunci, K. Implementasi Bridging System antara E-Pueksesmas NG Dengan P-Care di Puskesmas Andalas Padang. JKMC, 3. 2022. http://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc

Pangestu, P. H., Tulloh, R., & Adiati, R. Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Pelayanan Kesehatan Puskesmas Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Puskesmas Mulyaharja) Design and Implementation of Web Based Publlic Health Center Application Using Laravel Framework (Case Study Of Mulyaharja Publlic Health Center). 2021 Oktober, Vol.7, No.5. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id

Rahman, T., Hakim, L., & Sari, O. M. (2020). Sistem Informasi Rekam Medis Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Musirawas Berbasis Web Mobile. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas). 2020 November, 5(2):141-156. https://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jutim/article/view/1139

Putri, S. A., & Syamsir, S. Efektifitas Penyelenggaraan E-Puskesmas Di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). 2021, 5(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i2.2031

Dwi Septi Haryani, dan, Manajemen, J., & Pembangunan Tanjungpinang Jalan Raja Haji Fisabilillah No, S. Penerapan E-Puskesmas Pada Puskesmas Tanjungpinang. In Online) Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 2019 (Vol. 4, Issue 2). http://www.jpeb.dinus.ac.id

Jambago Sari, N., Ennimay, Priwahyuni, Y., Yunita, J., & Jepisah, D. Penerapan Aplikasi e-Puskesmas dengan pendekatan HOT-Fit di Kabupaten Siak (Studi Kualitatif). Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 17, 58. 2022. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi

Christanti, N. D., & Pratiwi, R. D. Analisis Penyebab Kegagalan Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) dalam Penerimaan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Adimulyo Kabupaten Kebumen. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2016 (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.ugm.ac.id/jkesvo/article/view/27460




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v11i2.524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats