Analisis Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Menurut Model 5M di RSUD Ungaran

Hervina Gustian Susilo, Anton Kristijono, Niko Tesni Saputro

Abstract


Abstract

The time for providing outpatient medical record documents based on Permenkes No.129, 2008 is 10 minutes starting from the patient registering until the patient's medical record document is provided at the polyclinic. In a preliminary study conducted on 10 medical record documents, there were 7 (70%) whose time of provision of medical record documents was not following minimum service standards. If the time of provision of medical record documents is not improved, it will have an impact on the quality of service and patient satisfaction. The type of research used is descriptive quantitative research with a cross-sectional approach. The population is the number of outpatient visits totaling 85,727 from 13 existing polyclinics. Determination of the sample size using the Slovin formula obtained 100 medical record documents. Determination of samples from 13 polyclinics proportionally. Methods of data collection by observation and interviews. The results of the study showed that the average time for providing medical record documents was 19.94 minutes, not following the established minimum service standards and standard operating procedures. Factors affecting the delay in providing outpatient medical record documents from the 5M models were found to be 2M that had an effect, namely human factors and methods. Human resources in the filling department are only 4 officers (57.14%) of 7 officers who have a diploma education background of three medical records and only 2 officers (28.57%) who have received training in filling management. The method factor, standard operating procedures does not regulate and emphasizes ways, methods, or tools in providing medical record documents at the polyclinic on time according to minimum service standards. The implementation of the standard operating procedures has not yet been evaluated.

Keywords: medical records, time providing, 5M

 

Abstrak

Waktu penyediaan dokumen rekam medis (DRM) pasien rawat jalan berdasarkan Permenkes No.129, 2008 adalah ≤10 menit dimulai dari pasien mendaftar sampai DRM pasien disediakan di poliklinik. Studi pendahuluan yang dilakukan dari 10 DRM terdapat 7 (70%) yang waktu penyediaan DRM tidak sesuai standar pelayanan minimum (SPM). Jika waktu penyediaan DRM sesuai data tersebut tidak dilakukan perbaikan, akan berdampak pada mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah jumlah DRM kunjungan pasien rawat jalan berjumlah 85.727 dari 13 poliklinik yang ada. Penentuan besar sampel menggunakan rumus Slovin, didapatkan 100 DRM. Penentuan sampel dari 13 poliklinik secara proporsional. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian rata-rata waktu penyediaan DRM adalah 19,94 menit, belum sesuai dengan SPM RS dan standar prosedur operasional (SPO) yang sudah ditetapkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan penyediaan DRM rawat jalan dari 5M model ditemukan 2 M yang berpengaruh, yaitu faktor manusia dan metode. SDM di bagian filing baru 4 petugas (57,14%) dari 7 petugas yang mempunyai latar belakang pendidikan diploma tiga rekam medis dan hanya 2 petugas (28,57%) yang sudah mendapatkan pelatihan dalam pengelolaan filling. Faktor metode, SPO tidak mengatur dan menekankan cara, metode atau alat dalam menyediakan DRM di poliklinik dengan tepat waktu sesuai SPM. Pelaksanaan SPO juga belum dilakukan evaluasi.

Kata Kunci: rekam medis, waktu penyediaan, 5M


Keywords


rekam medis; waktu penyediaan; 5M

Full Text:

PDF

References


Dheamalia Muchtar R, Yulia N. Tinjauan Pengembalian Rekam Medis Rawat Jalan dan Kecepatan Pendistribusian Rekam Medis ke Poliklinik di Rumah Sakit An-Nisa Tangerang. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM). 2017;5(1):109–113.

Abdullah H. Analisis Kegiatan Pengelolaan Rekam Medis Rawat Inap Pasien Kanker Payudara Program Jamkesmas untuk Mendukung Pengelolaan Pembiayaan Kesehatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2011. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. 2013;2(1).

Rahmawati MA, Nuraini N, Hasan DA. Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan di RSU Haji Surabaya. J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan. 2020 Oct 15;1(4):511–8.

Yusuf NI, Windiyaningsih C, Soepangat S. Determinan Penyebab Keterlambatan Rekam Medis Pada Poli Penyakit Dalam Di RSAU DR. Esnawan Antariksa Jakarta Tahun 2019. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI). 2020 Oct 31;4(2):122–33.

Wahyudi TS. Statistika Ekonomi: Konsep, Teori dan Penerapan. UB Press; 2017.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2007.

Kartika Dewi Aprilia A. Identifikasi Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan di RS Husada Utama Surabaya. REMI: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan E-ISSN: 2721-866X. 2020 Sep;1(4).

Dika Andria F, Sugiarti I. Tinjauan Penyediaan Dokumen Rekam Medis di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Kemenkes Tasikmalaya

Rahmi Septia Sari, Yanti Desnita Tasri, Monika Aprilliani. Identifikasi Pengetahuan dan Pemahaman Profesional Perekam Medis Terhadap Kompetensi Perekam Medis. Jurnal Inovasi Penelitian. 2022 Jan;2(8).

Giyana F, Administrasi P, Kesehatan K. Analisis Sistem Pengelolaan Rekam Medis Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang [Internet]. Vol. 1. 2012. Available from: http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm

Nurcahyati S, Putranto FR. Analisis Sebaran Petugas Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Di Wilayah Cirebon. Analis Seminar Hasil Penelitian Tahun 2020. Diseminasi Hasil Penelitian Untuk Meningkatan Kesehatan IIKBW PRESSIS. 2022;

Az Zahra A, Herfiyanti L. Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Kurnia Cilegon. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia. 2021 Jul 27;1(7):761–74.

Stiyawan H, Mansur M, Noor VMM. Dampak Tidak Patuh Terhadap Pelaksanaan SOP Alur Rawat Jalan di Rumah Sakit “X” Malang. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen. 2018 Mar 14;01–16.

Valentina. Tinjauan Lama Waktu Pendistribusian Rekam Medis pada Pasien Rawat Jalan di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda . 2017 Feb;2(1).




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v10i2.450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats