Tinjauan Kualitas Layanan Internal di Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

Novita Pratiwi, Zefan Adiputra Golo, Subinarto Subinarto

Abstract


Abstract

Internal service quality affects officer satisfaction. The existence of quality internal services will increase employee satisfaction so that work results can be optimal. It is necessary to look at the extent to which medical record officers perceive the quality of internal services in the Medical Record Work Unit. The results of the preliminary study found that the hospital management had never conducted a survey of officers to assess the quality of internal services received by officers. In addition, the results of the performance assessment of officers at the medical record installation in 2018–2020 have fluctuated. The aim of this study was to determine the quality of internal services received by officers at the medical record installation of RSI Sultan Agung Semarang. This type of research is descriptive quantitative survey method. The research sample was all officers at the medical record installation as many as 41. The data were analyzed using descriptive analysis. The results of the research are internal service quality from the employee empowerment aspect in the high category, which is equal to 90%, the internal communication aspect is in the good category, which is equal to 98%, the teamwork aspect is in the good category, which is equal to 95%, the award aspect is in the high category, which is equal to 98%. , aspects of education and training in the sufficient category that is equal to 93%. Medical record installations need to improve the quality of internal services for officers, especially from the aspect of employee empowerment, as well as aspects of education and training by providing facilities, education and training to help officers complete their work optimally.

Keyword: Internal Service Quality, Employee Empowerment, Internal Communication, Teamwork,  Education and Training

  

Abstrak

Kualitas layanan internal berpengaruh terhadap kepuasan petugas. Dengan adanya layanan internal yang berkualitas akan meningkatkan kepuasan petugas sehingga hasil pekerjaan dapat optimal. Perlu dilihat sejauh mana persepsi petugas rekam medis terhadap kualitas layanan internal di Unit Kerja Rekam Medis. Hasil studi pendahuluan menemukan pihak manajemen rumah sakit belum pernah melakukan survey kepada petugas untuk menilai bagaimana kualitas layanan internal yang diterima oleh petugas. Selain itu hasil penilaian kinerja petugas di instalasi rekam medis tahun 2018–2020 mengalami fluktuatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas layanan internal yang diterima oleh petugas di instalasi rekam medis RSI Sultan Agung Semarang. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Sampel penelitian adalah seluruh petugas di instalasi rekam medis sebanyak 41. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu kualitas layanan internal dari aspek pemberdayaan pegawai dalam kategori tinggi yaitu sebesar 90%, aspek komunikasi internal dalam kategori baik yaitu sebesar 98%, aspek kerja sama tim dalam kategori baik yaitu sebesar 95%, aspek penghargaan dalam kategori tinggi yaitu sebesar 98%, aspek pendidikan dan pelatihan dalam kategori cukup yaitu sebesar 93%. Instalasi rekam medis perlu meningkatkan kualitas layanan internal bagi petugas, khususnya dari aspek pemberdayaan pegawai, serta aspek pendidikan dan pelatihan dengan memberikan sarana, pendidikan dan pelatihan untuk membantu petugas menyelesaikan pekerjaannya dengan optimal.

Kata Kunci: Kualitas Layanan Internal, Pemberdayaan Pegawai, Komunikasi Internal, Kerjasama Tim, Pendidikan dan Pelatihan


Keywords


Kualitas Layanan Internal; Pemberdayaan Pegawai; Komunikasi Internal; Kerjasama Tim, Pendidikan dan Pelatihan

Full Text:

PDF

References


G ZA, Sidin AI, Kadir AR. Pengaruh Pemasaran Internal Terhadap Kualitas Layanan Internal dan Kepuasan Kerja di Instalasi Rawat Jalan RSUD Labuang Baji. The Effect of Internal Marketing on Internal Service Quality and Work Satisfaction in Outpatient Installation of Labuang Baji Regi. 9831.

Rakhdi HF. Analisis Pengaruh Internal Service Quality (Intqual) terhadap Kepuasan Karyawan di BMT Dana Mulya Syariah Cabang Kalianda. [Lampung]: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung; 2018.

Dardiri A, Musnadi S, Hafasnuddin. Pengaruh Internal Service Quality terhadap Kepuasan Pegawai dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pegawai BPS Provinsi Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 2015; 4:159–66.

Saputra F, Syah DZR. Tinjauan Produktivitas Tenaga Kerja Ditinjau dari Karakteristik Petugas Rekam Medis di Bagian Rekam Medis RSUD Temanggung Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. 2018;

Ariono I. Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan, Masa Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Perangkat Desa di Kecamatan Kaliwiro Wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. 2017;4(3):254–67.

Putri WD, Nuryanti BL, Masharyono. Analisis Pelatihan, Pemberdayaan dan Kepuasan Kerja Pegawai di PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kuningan. Journal of Business Management Education. 2018; 3:1–13.

Anuraga IPM, Sintaasih DK, Riana IG. Pengaruh Kepemimpinan dan Pemberdayaan terhadap Motivasi dan Kinerja Pegawai. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 2017;9:3291.

Hendayady A. Pemberdayaan Aparatur Daerah (Telaah Teoritis Terhadap Kinerja Aparatur Daerah). Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan. 2011;1(1):61–7.

Ningrum ME. Peranan Komunikasi Internal di Lingkungan Kerja. Indept. 2013;3(1):25–30.

S. RM. Pengaruh Pemberdayaan Karyawan dan Kepercayaan Rekan Sekerja terhadap Komitmen Organisasional Karyawan BLPU Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang. [Semarang]: Universitas Katolik Soegijapranata; 2014.

Dipayana GB, Heryanda KK. Pengaruh Komunikasi Internal dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Buleleng. Bisma: Jurnal Manajemen. 2020;6(2):37–46.

Ibrahim FE, Djuhartono T, Sodik N. Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt Lion Superindo. Jurnal Arastirma. 2021;1(2):316.

Lawasi ES, Triatmanto B. Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kerjasama Tim terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. 2017; 5:49–57.

Izza I, Setianto B, Dhamanti I. Pengaruh Internal Service Quality (INTQUAL) terhadap Kepuasan Karyawan di RS Islam Ahmad Yani Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. 2021;9(2):78–86.

Samsudin. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Pt. Pln (Persero) Wilayah Sulselrabar. [Makassar]: Universitas Islam Negeri Alauddin; 2017.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v10i2.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats