Pemanfaatan Sistem Pendaftaran Online Melalui Aplikasi WhatsApp di Rumah Sakit Umum Daerah

Hendra Rohman, Marsilah Marsilah

Abstract


Abstract

Direct registration to the hospital is more preferred than using the online method. Many patients of a certain age cannot use the online registration system. Online registration system sometimes experiences problems. Registration format often occurs in errors and cannot be used to make an appointment two days in advance as can be done on an automatic registration machine (APM). Implementation use of the system needs evaluation to know the positive impact on individual and organizational performance. Qualitative descriptive research with data collection through observation, documentation, and interviews. During the pandemic period, the number of visits decreased because patients were afraid to go to the hospital, except for those who made regular visits and referred patients from other health facilities. This also affects the number of patients who register online. However, the APM registration system has a higher number than the online registration system. Percentage of successful online registrations via WhatsApp (27%) and unsuccessful (73%). Several things caused the failure, namely date of birth was wrong or inappropriate (33.3%), the doctor did not practice, the doctor did not match, the doctor's name was miswritten (26.6%), clinic format was miswritten (3.3% ). Other factors are patient quota is full, system response is late, and administration of the previous examination has not been completed.

Keywords: online registration, WhatsApp, SMS, self-registration platform

 

Abstrak

Pendaftaran yang dilakukan dengan datang langsung ke rumah sakit lebih banyak dipilih dibandingkan dengan menggunakan cara online. Banyak pasien pada usia tertentu yang tidak bisa menggunakan sistem pendaftaran online. Sistem pendaftaran online terkadang mengalami trouble, format pendaftaran sering terjadi kekeliruan, dan belum bisa digunakan untuk melakukan perjanjian 2 hari sebelumnya seperti yang dapat dilakukan di mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM). Implementasi pemanfaatan suatu sistem perlu dilakukan evaluasi agar dapat diketahui dampak positif terhadap kinerja individu maupun organisasi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pada periode pandemi, jumlah kunjungan mengalami penurunan dikarenakan pasien merasakan takut untuk periksa ke rumah sakit kecuali pasien yang melakukan kunjungan rutin dan pasien rujukan dari Faskes lain. Hal tersebut juga mempengaruhi jumlah pasien yang mendaftar melalui online. Namun, sistem pendaftaran melalui APM memiliki jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendaftaran yang melalui online. Persentase pendaftaran online melalui aplikasi WhatsApp yang telah berhasil (27%), dan tidak berhasil (73%). Ketidakberhasilan tersebut disebabkan oleh beberapa hal, yaitu tanggal lahir salah, atau tidak sesuai (33,3%), dokter tidak praktik, dokter tidak sesuai, salah penulisan nama dokter (26,6%), penulisan format klinik salah (3,3%). Faktor lainnya yaitu kuota pasien sudah penuh, respon sistem terlambat, dan administrasi pemeriksaan sebelumnya belum selesai.

Kata Kunci: pendaftaran online, WhatsApp, SMS, anjungan pendaftaran mandiri


Keywords


pendaftaran online; WhatsApp; SMS; anjungan pendaftaran mandiri

Full Text:

PDF

References


Rohman H, Sheralinda S. Pengembangan Sistem Informasi Rawat Jalan dan Pelayanan Persalinan di Klinik Berbasis Web. J Kesehat Vokasional. 2020;5(1):53.

Rohman H, Saputra RD, Sholihah UMN. Penyesuaian Kegiatan Pelayanan Dan Pengelolaan Unit Kerja Rekam Medis Selama Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas. J Pengabdi Kpd Masy. 2021;1(5):897–904.

Aini AN, Syairaji M, Hakim L Al. Pembuatan Chatbot (Balas Pesan Otomatis) Whatsapp Dengan Aplikasi Autoresponder WA Untuk Layanan Pendaftaran Di Rumah Sakit Mata “Dr. Yap” Yogyakarta. Pros Disk Ilm Inov dan Teknol Inf untuk Mendukung Kinerja PMIK dalam Masa Pandemi Covid 19. 2021;115.

Akhsani F, Pramono AE, Wijayanti A. Pembuatan Media Informasi Pendaftaran Online Berbasis Telegram Dan JSS Di Puskesmas Gondokusuman II Kota Yogyakarta. Pros Disk Ilm Inov dan Teknol Inf untuk Mendukung Kinerja PMIK dalam Masa Pandemi Covid 19. 2021;116–7.

Rohman H, Wati AK, Kurniawan A. Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Di Puskesmas. J Pengabdi Masy Teknol Digit Indones Univ Teknol Digit Indones (d.h STMIK AKAKOM). 2021;1(1):42–51.

Rohman H, Nurhamidah, Chanif M Al. Analisis Validitas Data Pada Sistem Pengelolaan Pelaporan Rekam Medis Di Rumah Sakit. Pros Disk Ilm Inov dan Teknol Inf untuk Mendukung Kinerja PMIK dalam Masa Pandemi Covid 19. 2021;30–43.

Nuraulia A, Setiatin S, Aulia A. Pelayanan Rekam Medis Rawat Jalan pada Masa Pandemi Covid-19 di Klinik X Kota Bandung. Cerdika J Ilm Indones. 2021;1(9):1108–20.

Idris M. Kajian Pengembangan Sistem Aplikasi Berbasis Android dan Web di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan. 2-TRIK Tunas-Tunas Ris Kesehat. 2020;10(November):279–88.

El Kariema IH, Siyoto S, Wardani R. Evaluation and Implementation Registration of Outpatient with Online Systems at Health Services Center. J Qual Public Heal. 2021;4(2):106–12.

Suwandari I, Wardani R. An Analysis of the Online Registration System at Caruban Hospital in 2020. J Qual Public Heal. 2021;4(2):15–20.

Martiana E. Evaluasi Simrs Bagian Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. Tjitrowardojo Purworejo. Semin Nas Rekam Medis Inf Kesehat Standar Akreditasi Rumah Sakit Ed 1 Terkait Rekam Medis. 2018;34–9.

Apriliyani S. Penggunaan Rekam Medis Elektronik Guna Menunjang Efektivitas Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Klinik Dr Ranny Cerdika. J Ilm Indones. 2021;1(10):1399–410.

Rohman H, Wulandari M. Sistem Informasi Manajemen Rawat Jalan Di Klinik Pratama: Surat Keterangan Medis, Laporan Kunjungan Pasien, Obat, Pembayaran. J Inform dan Rekayasa Perangkat Lunak. 2019;1(2):115–23.

Saputra MG, Kusdiana A, Yuniar I. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Online Terhadap Muhammadiyah Lamongan. J Heal Care. 2020;1(1):1–6.

Miharja MND, Nugroho Ponco SS, Franz A. Implementasi Sistem Reminder Jadwal Cuci Darah Pada Pasiean Hemodialisis Dengan Whatsapp Gateway. Indones J Bus Intell. 2021;4(1):37–41.

Solihah AA, Budi SC. Keefektifan Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. J Manaj Inf Kesehat Indones. 2018;6(1):1.

Rachmani E, Dwijayanti E, Sudarmandyah H, Umamah RN, Setyani BSY, Hardinia AR, et al. Persepsi Pasien di Puskesmas Kota Semarang Terhadap Pendaftaran Online Sebagai Implikasi Smart City. Visikes [Internet]. 2020;18(2):1–8. Available from: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/visikes/article/view/3679

Septian E. Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan. 2021;5(1):53–64.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v10i1.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats