Tinjauan Efektivitas Alur Kerja (Workflow) Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Pada Implementasi Pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura

Nisa Rafilda Khafidah, Hosizah Hosizah

Abstract


Abstract

The effectiveness of outpatient registration system workflow in the implementation of BPJS patients is an overview of the steps for patients taking outpatient using BPJS and as reference of registration officer in registering outpatient BPJS. To know the level of effectiveness of workflow of outpatient registration system on BPJS implementation is seen from four aspects, namely task or function aspect, plan or program aspect, regulation and regulation aspect, and aspect of objective or ideal condition assessed by using Deming Cycle (Plan, Do, Check, Act). Based on preliminary observations found by researchers at Sukapura Islamic Hospital Jakarta, the effectiveness of outpatient workflow on the implementation of BPJS patients is still less effective in its implementation so that frequent miscommunication between units, nurses working in polyclinics, outpatient BPJS or even patients. It is necessary to create a special workflow that regulates BPJS outpatient registration system. The purpose of this study to determine the effectiveness of workflow outpatient registration system on the implementation of BPJS patients in Sukapura Islamic Hospital Jakarta in 2017. This study uses descriptive method in which researchers can describe the effectiveness of outpatient registration system workflow on the implementation of BPJS. patient supported by research result and interview with staff of Medical Record Unit at Sukapura Islamic Hospital Jakarta. Based on the results of the study the use of outpatient registration system workflow applied to patients BPJS still less effective so often miscommunication between units or officers who interfere with the registration process. It is recommended to Jakarta Sukapura Medical Unit General Hospital to make BPJS outpatient registration system workflow so that patient registration will be effective.

Keywords: effectiveness, workflow, outpatient BPJS

Abstrak

Efektivitas alur kerja (workflow) sistem pendaftaran rawat jalan pada implementasi pasien BPJS merupakan gambaran langkah-langkah untuk pasien yang berobat jalan menggunakan BPJS dan sebagai acuan petugas pendaftaran dalam mendaftarkan rawat jalan pasien BPJS. Untuk mengetahui tingkat efektivitas alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan pada implementasi pasien BPJS dilihat dari empat aspek yaitu aspek tugas atau fungsi, aspek rencana atau program, aspek ketentuan dan peraturan, serta aspek tujuan atau kondisi ideal dinilai dengan menggunakan Siklus Deming (Plan, Do, Check, Act). Berdasarkan observasi awal yang ditemukan peneliti di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura efektivitas alur kerja rawat jalan pada implementasi pasien BPJS masih kurang efektif dalam pelaksanaanya sehingga sering terjadi miskomunikasi antar unit, perawat yang bekerja dipoliklinik, petugas pendaftaran rawat jalan BPJS atau pun pasien. Maka perlu dibuat alur kerja khusus mengatur sistem pendaftaran rawat jalan pasien BPJS. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui efektivitas alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan pada implementasi pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu peneliti dapat menggambarkan efektivitas alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan pada implementasi pasien BPJS yang didukung dengan hasil penelitian dan wawancara dengan petugas Unit Rekam Medis di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura. Berdasarkan hasil penelitian pemakaian alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan yang diimplementasikan pada pasien BPJS masih kurang efektif sehingga sering terjadi miskomunikasi antar unit atau pun petugas yang mengganggu proses pendaftaran. Di sarankan kepada Unit Rekam Medis Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura untuk membuat alur kerja sistem pendaftaran rawat jalan pasien BPJS agar pelaksanaan pendaftaran pasien menjadi efektif.

Kata kunci : efektifivitas, alur kerja (workflow), rawat jalan BPJS


Full Text:

PDF

References


Depkes RI. (2007). Peraturan Menteri Kesehatan No. 512/Menkes/Per/2007 Tentang Izin Praktik dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran. Jakarta : Dirjen Pelayanan Medik.

Edna K. Huffman. (1994). Health Information Management Tenth Edition. Illinois: Physicians’ Record Company.

Kementerian Pedidikan Nasional. (2010). Laporan Kajian Manajemen Pemantauan Alur Kerja Untuk e-Layanan.

Siagian P. Sondang. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun. 2009. Tentang Rumah Sakit.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun. 2009. Tentang Rumah Sakit.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v5i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats