Gambaran Perilaku Petugas Pendaftaran Terhadap Pasien BPJS Rawat Jalan di Rumah Sakit Harum Sisma Medika Tahun 2017

Keisha Nabila Saputri, Loli Adriani

Abstract


Abstract

The average number of outpatient BPJS visits was 120-150 patients per day, which caused the number of patients queuing up in the registration section. it affects the behavior of registration officers of outpatient BPJS patients. This study aims to see the description of the behavior of BPJS patient outpatient registration at Harum Sisma Medika Hospital. Samples from this study were 1 RM Head and 67 outpatient BPJS patients. The study was conducted in May-September 2017. The results of this study illustrates the behavior of all BPJS patient registration officers in the hospital sumen medika has very good but the officers are still there who do not smile and greet and greet the patient. The patient registration officer in the hospital was fragrant sisma medika is still considered productive age (22-40 Years old), female dominant gender (60%) and the last average of the enrollment officer is SMA (70%). SPO at Harum Hospital is Available. It is recommended to retain the behavior of the registration officers who are very good, and for the behavior of the registration officers who are not good enough such as the officer who gives a smile, officers who give greetings , and officers who greet the patient , need to be improved and maximized again.Keywords: Behavior, SPO, Health BPJS

Abstrak

Rata-rata jumlah kunjungan BPJS rawat jalan adalah 120-150 pasien per hari, yang menyebabkan jumlah pasien antri di bagian pendaftaran. Hal itu mempengaruhi perilaku petugas registrasi pasien BPJS rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku pendaftaran pasien rawat jalan di RSU Harum Sisma Medika. Sampel dari penelitian ini adalah 1 RM Head dan 67 pasien rawat jalan BPJS. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-September 2017. Hasil penelitian ini menggambarkan perilaku petugas registrasi pasien BPJS di rumah sakit sumen medika yang sangat baik namun petugas masih ada yang tidak tersenyum dan menyapa dan menyapa pasien. Petugas registrasi pasien di rumah sakit itu wisma sisma medika masih dianggap usia produktif (22-40 tahun), jenis kelamin perempuan dominan (60%) dan rata-rata terakhir dari petugas pendaftaran adalah SMA (70%). SPO di Rumah Sakit Harum Tersedia. Dianjurkan untuk mempertahankan perilaku petugas registrasi yang sangat baik, dan untuk perilaku petugas registrasi yang tidak cukup baik seperti petugas yang memberi senyuman, petugas yang memberikan salam, dan petugas yang menyapa pasien, perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi.

Kata kunci : Perilaku, SPO, BPJS Kesehatan

 


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, “Angka Beban Tanggungan” (2016) https://www.bps.go.id/index.php/istilah/index?Istilah_page=4 (Diakses 31 Agustus 2017).

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2006). Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II. Jakarta

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (2009). Undang-Undang RI No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (2009). Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang RI No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Huffman, Edna. K (1994). Health Information

Management. Berwyn, Ilionis : Physician Record.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2003). Keputusan Mentri Kesehatan RI No. 560 Tahun 2003 Tentang Pola Tarif Perjan Rumah Sakit.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2008). Permenkes RI No. 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis.

Kiki Riniyati, Eti Rimawati M.Kes., & Retno S,Astuti SS, MM (2013). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasaan Pasien Di TPPRJ RSUD RA Kartini Jepara 2013.

Rahma Khairani & Dona Eka Putri (2009). Perbedaan Kematangan Emosi Pada Pria Dan Wanita Yang Menikah Muda.

Rahmi Wahyuni & Atik, Nurwahyuni (2014). Gambaran Kepuasaan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia Bogor Tahun 2014.

Soekidjo, Notoatmodjo (2010). Ilmu Perilaku

Kesehatan. Jakarta :Rineka Cipta

Simanjuntak., Sri.Andayani, & Eddy Syahrial

(2012). Gambaran Perilaku Tenaga Kesehatan Terhadap Pelayanan Prima Di Puskesmas Tomuan Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar Tahun 2012.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v5i2.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats