Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Persepsi Perawat Terhadap Komunikasi Terapeutik Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Tahun 2012

Dandy Maslow Panungkunan

Abstract


Abstrak

Dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien yang sedang dirawat diperlukan kemampuan berkomunikasi yang baik dari seorang perawat. Salah satu jenis komunikasi dalam keperawatan adalah komunikasi terapeutik. Dari telaah dokumen Evaluasi Kepuasaan Pasien Rumah Sakit X   tahun 2011 didapatkan keluhan-keluhan terkait komunikasi terapeutik perawat. Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  antara  karakteristik  demografi, pengetahuan dan sikap perawat pelaksana dengan persepsi perawat terhadap komunikasi terapeutik di ruang rawat inap Rumah Sakit X. Desain penelitian yang dipakai adalah non-eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan total sampel 111 perawat pelaksana. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa usia perawat berhubungan dengan persepsi perawat terhadap komunikasi terapeutik (p=0,047). Saran yang diberikan adalah mengadakan pertemuan rutin agar para perawat yang berusia tua bisa membagikan pengalaman dan cara-cara yang berkomunikasi dengan baik kepada para perawat yang masih berusia muda, pemotivasian dan supervisi berkala dari kepala ruangan, peer review sesama perawat pelaksana, penciptaan iklim kerja yang berbasis kinerja dan mengadakan pelatihan terkait bentuk dan teknik komunikasi terapeutik.

Kata kunci: komunikasi terapeutik, perawat, rumah sakit

 


Full Text:

PDF

References


Arnold, Elizabeth C dan Kathleen Boggs. “Interpersonal Relationships: Professional Communication Skills For Nurses”, Saunders Elsevier, Missouri, 2007.

Azwar, S., “Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya”, Ed. Ke-2, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2003.

Baradero, Mary, et al., “Buku Saku Konseling dalam Keperawatan”, EGC, Jakarta, 2006.

Bhakti, Wida Kuswida, “Hubungan Karakteristik Perawat Dan Metoda Penugasan Asuhan Keperawatan Dengan Pelaksanaan Fase-Fase Hubungan Terapeutik Perawat Klien Di RSU Samsudin Sukabumi Tahun 2002”, Tesis, FIK-UI, Depok, 2002.

Carris-Verhalen, Wilma, et.al., “Factors Rrelated to Nurse Communication with Elderly People”, Journal of Advanced Nursing, USA, 1999.

Dedah, Tati, “Hubungan Karakteristik dan Tingkat Pengetahuan Perawat tentang Komunikasi Terapeutik dengan Pelaksanaannya dalam Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Karawang Juni 2001”, Tesis, FKM-UI, Depok, 2001.

DeLaune, Sue.C dan Patricia K.Ladner, “Fundamentals of Nursing: Standards and Practice”, Delmar Cengage Learning, USA, 2010.

Edyana, Asep, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kemampuan Perawat Pelaksana Dalam Menerapkan Teknik-Teknik Komunikasi Terapeutik di Rumah Sakit Jiwa Bandung dan Cimahi”, Tesis, FIK-UI, Depok, 2008.

Kearney-Nunnery, Rose, “Advancing Your Career: Concepts of Professional Nursing”, FA Davis, USA, 2008.

Manggala, Gatot, “Hubungan Persepsi dan Pengetahuan Perawat dengan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik di Ruang Rawat Inap RSU Dr Kardinah Tegal”, PSIK FK-UNDIP, Semarang, 2007.

Manurung, Santa, “Hubungan Karakteristik Individu Perawat dan Organisasi Dengan Penerapan Komunikasi Terapeutik di Ruang Rawat Inap Perjan RS Persahabatan Jakarta”, Depok: FIK-UI, Tesis, 2003.

Notoatmodjo, Soekidjo, “Ilmu Perilaku Kesehatan”, Rineka Cipta, Jakarta, 2010.

, “Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan”, Rineka Cipta, Jakarta, 2004.

Potter, Patricia A dan Anne Griffin Perry, “Fundamentals of Nursing”, Mosby Elsevier, St.Louis Missouri, 2009.

Ramsden, E.L., “Person as Patient, Psychosocial Perspective for Health Car Professiona”, W.B. Saunders, Philadephia, 1999.

Sarwono,S.W., “Psikologi Sosial Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial”, Balai Pustaka, Jakarta, 2002.

Siagian, Sondang P., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Bumi Aksara, Jakarta, 2001.

Sinaga, C.T., “Hubungan Karakteristik Pekerjaan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Primer Di Unit Rawat Interne Bedah PK St. Carolus”, Tesis, FIK UI, Depok, 2001.

Stuart, Gail Wiscarz dan Sandra Sundeen, “Stuart & Sundeen's Principles And Practice Of Psychiatric Nursing”, Mosby, St. Louis, 1998.

Surjasumantri, J.S., “Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer”, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2003.

Susanti, A.C., “Analisa Faktor yang Berhubungan dengan Kemampuan Efektif Perawat Pelaksana dalam Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Siloam Gleneagles”, Tesis, FIK UI, Depok, 2001.

Townsend, Mary C., “Psychiatric Mental Health Nursing: Consepts of Care”, F.A. Davis Company, Philadelphia, 2000.

Wursanto, “Dasar-dasar Ilmu Organisasi”, Andi Offset, Yogyakarta, 2003.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v2i2.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats