Hubungan Faktor Individu Dan Faktor Risiko Ergonomi Dengan Keluhan Low Back Pain (LBP) Pada Penjahit Sektor Usaha Informal CV. Wahyu Langgeng Jakarta Tahun 2014

Beauty Kartika Widyasari, Affan Ahmad, Farid Budiman

Abstract


Abstrak

Salah satu bentuk gangguan Musculoskeletal Disorders (MSDs) di industri konveksi pakaian adalah keluhan Low Back Pain (LBP). Faktor yang dapat menyebabkan timbulnya keluhan ini antara lain faktor individu seperti umur, jenis kelamin dan masa kerja ; faktor pekerjaan seperti postur kerja janggal (awkward posture), posisi kerja statis, pergerakan berulang (repetisi) dan penggunaan tenaga berlebihan (ketelitian).Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor individu dan faktor risiko ergonomi dengan keluhan Low Back Pain (LBP) pada penjahit di sektor usaha informal.Jenis penelitian bersifat deskriptif analitik dengan desain Cross Sectional (potong lintang). Populasi dalam penelitian ini adalah penjahit di CV. Wahyu Langgeng Jakarta yang berjumlah 30 orang dan diambil sampel sebanyak 30 orang yang dipilih secara teknik Nonprobability Sampling dengan menggunakan Sampling Jenuh (sensus). Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat Pearson Product Moment.Rata-rata umur responden 46-55 tahun  (63,3%), dimana responden wanita (60%) dengan masa kerja > 10 tahun (40%). Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 16 orang (53,3%) yang selalu merasakan adanya keluhan nyeri pada daerah punggung bawah (low back pain). Dengan nilai Sig. (2-tailed)  < α ( 0.000 < 0.05) yang berarti Ho ditolak makaada hubungan yang signifikan antara usia, jenis kelamin, masa kerja, postur janggal (awkward posture), posisi kerja statis dan pergerakan berulang (repetisi) dengan keluhan Low Back Pain (LBP) pada penjahit sektor usaha informal di CV. Wahyu Langgeng Jakarta.Berdasarkan hasil penelitian, faktor individu seperti umur, jenis kelamin, masa kerja, postur janggal (awkward posture), posisi kerja statis dan pergerakan berulang (repetisi) dapat mempengaruhi adanya keluhan Low Back Pain (LBP) pada penjahit.Disarankan agar penjahit berolahraga secara teratur, dapat mengubah posisi duduk agar otot-otot punggung tidak menjadi tegang dan meminimimalisir terjadinya keluhan Low Back Pain (LBP).

Kata kunci: faktor individu, faktor risiko ergonomi, keluhan low back pain


Full Text:

PDF

References


Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI”, Rineka Cipta, Jakarta, 2006.

Haryati, T., “Hubungan Postur Kerja Janggal Dengan Nyeri Pinggang Pada Kapster Di Salon Yopie Citraland Jakarta Barat”, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fisioterapi Universitas Esa Unggul, 2006.

http://id.wikipedia.org/wiki/Ergonomika

http://nursingbegin.com/tag/low-back-pain/

http://www.depkes.go.id/downloads/Ergonomi.

http://www.konsultank3.com/beberapaprinsipergonomi.

Kantana, T., “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Low Back Pain Pada Kegiatan Mengemudi Tim Ekspedisi PT Enseval Putera Megatrading Jakarta Tahun 2010”, Skripsi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2010.

Muheri, A., “Hubungan Usia, Lama Duduk dan Posisi Duduk Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Pada Pekerja Wanita di Home Industri Kipas Desa Banyon Utara Pendowoharjo Sewon Bantul 2010”, 2010.

Putri AS, Saftarina F, Wintoko R., “Hubungan Masa Kerja dan Posisi Kerja dengan Kejadian Low Back Pain (LBP) pada Pekerja Pembersih Kulit Bawang di Unit Dagang (UD) Bawang Lanang Kelurahan Iringmulyo Kota Metro”, Faculty of Medicine of Lampung University, 2013.

Rozana F, Adiatmika P G., “Tingkat Kelelahan Dan Keluhan Muskuloskeletal Pada Penjahit Di Kota Denpasar Provinsi Bali”, Jurnal Universitas Udayana, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran, 2012.

Sakinah, Djajakusli1, Naeim, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Batu Bata Di Kelurahan Lawawoi Kabupaten Sidrap”, bagian Kesehatan Dan Keselamatan Kerja FKM Universitas Hasanuddin Makassar, 2012.

Samara, D Bastaman Basuki, Jofizal Jannis, “Duduk Statis Sebagai Faktor Risiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Perempuan”, Jurnal Universa Medicina, 24(2), 2005.

Santiasih, I., “Kajian Manual Material Handling Terhadap Kejadian Low Back Pain Pada Pekerja Tekstil. Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja”, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, 2013.

Santiasih, I., “Kajian Manual Material Handling Terhadap Kejadian Low Back Pain Pada Pekerja Tekstil”, Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, 2013.




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v2i2.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats