Hubungan Pengetahuan Tentang Narkoba Dan Perilaku Pencegahan Narkoba Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Jurusan Hubungan Masyarakat Angkatan 2013 Universitas Esa Unggul

Chairunnisa Chairunnisa, Idrus Jusat, Reza Hilmy

Abstract


Abstrak

Pengetahuan merupakan hasil “tahu” dan terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Perilaku pencegahan narkoba merupakan perilaku pencegahan  dalam menggunakan berbagai zat yang tergolong dalam narkoba seperti ganja, heroin pada jarum suntik dan termasuk juga pencegahan dalam merokok dan minum alkohol. Narkoba seringkali disalahgunakan oleh mereka yang kurang mengerti efek samping yang ditimbulkan.  Peredaran narkoba umumnya terjadi pada kota-kota besar seperti Jakarta. Universitas Esa Unggul adalah Perguruan Tinggi Swasta yang berlokasi di wilayah Jakarta Barat yang sebagian besar mahasiswa adalah remaja berusia produktif yang masih mudah dipengaruhi lingkungan sekitarnya sehingga bila belum memiliki pengetahuan yang cukup akan sulit berperilaku dalam pencegahan narkoba. Pada tahun 2012 setelah dilakukan tes urin didapatkan 2 mahasiswa positif menggunakan narkoba jenis ganja yang dibuat seperti rokok yang dihisapnya di lingkungan kampus Universitas Esa Unggul, salah satunya mahasiswa dari fakultas komunikasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang narkoba dan perilaku pencegahan narkoba pada mahasiswa fakultas komunikasi angkatan 2013 di Universitas Esa Unggul. Metode penelitian adalah Cross Sectional dengan jumlah sampel sebanyak 55 orang dengan menggunakan teknik sistem random sampling. Persentase terbesar pada usia responden 18 tahun (41,8%), berjenis kelamin wanita 33 orang (60,0%), dan tinggal bersama orangtua 48 orang (87,3%). Nilai rata-rata skor pengetahuan tentang narkoba sebesar 11,5 (± 2,0)  , dan perilaku pencegahan narkoba sebesar 8,35 (± 2,0). Hasil uji statistik menunjukan adanya hubungan antara pengetahuan tentang narkoba dan perilaku pencegahan narkoba pada mahasiswa fakultas komunikasi jurusan hubungan masyarakat angkatan 2013 di Universitas Esa Unggul (r =  0,670; p < 0,05). Perlunya meningkatkan upaya seminar dan keterlibatan mahasiswa tentang narkoba untuk memperkuat perilaku mahasiswa terhadap pencegahan narkoba

Kata kunci: pengetahuan, perilaku pencegahan, narkoba

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agung, “Tiga Langkah Membangun Remaja Bebas Narkoba”, Laporan penelitian untuk BNN Kabupaten Pati, Jakarta, 2013.

Agus, ”Penyalahgunaan Narkoba dan Masalahnya”, Laporan penelitian untuk BNN Kabupaten Pati, Jakarta, 2013.

Anindyajanti, M., Citra, ”Jurnal Psikologi: Peran Harga Diri terhadap Assertifitas Remaja Penyalahgunaan Narkoba”. Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2004. Diakses 06 Februari 2014; http://e-journal.esaunggul.ac.id

Badan Narkotika Nasional, “Pemahaman tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkotika”, BNN, Jakarta, 2010.

Badan Narkotika Provinsi DKI Jakarta, “Modul Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba”, Tim Bagian Prevensi BNP DKI, Jakarta, 2013.

Chandra, A. R., “Hubungan Pengetahuan tentang Bahaya Narkoba dan Sikap terhadap Penggunaan Narkoba pada Pelajar Kelas I di SMK Bhakti Pertiwi Tangerang”, Skripsi, Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2008.

Darman, F., “Mengenal Jenis dan Efek Buruk Narkoba”, Visimedia, Tangerang, 2006.

Johardi, A., “Jakpus dan Jakbar Rawan Kasus Narkoba”, Laporan Badan Narkotika Nasional, Jakarta, 2013.

Mardani, “Penyalahgunaan Narkotika dalam Perspektif Hukum Islam danHukum Pidana Nasional”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2008.

Martono, L. M., dan Joewana, S., “Peran Orang tua dalam Mencegah dan Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba”, Balai Pustaka, Jakarta, 2008.

Notoatmodjo, S., “Ilmu Kesehatan Masyarakat, Prinsip-Prinsip Dasar”, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

Partodiharjo, S., “Kenali Narkoba dan Musuhi Penyalahgunaannya”, Esensi, Jakarta, 2010.

Prisaria, N., “Hubungan Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Tindakan Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA pada Siswa SMA Negeri 1 Jepara”, Universitas Diponegoro, Semarang, 2013.

Sasangka, H., “Narkotika dan Psikotropikadalam Hukum Pidana”, CV. Mandar Maju, Jakarta, 2003.

Siwi, W., Azis, L., Nasrul, P., “Jurnal Psikologi: Perbedaan Kecerdasan Emosional Ditinjau dari Persepsi Penerapan Displin Orangtua pada Mahasiswa Esa Unggul”, Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2014.

Undang-undang nomor 35 tahun 2009. Narkotika Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats