Hubungan Pengetahuan Dan Keterpaparan Media Dengan Perilaku Seks Pranikah Remaja di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang

Sulistio Tri Purnomo, Intan Silviana Mustikawati

Abstract


Abstrak

Perilaku seksual adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual, baik dengan lawan jenisnya maupun dengan sesama jenis (Sarwono, 2012). SMA Muhammadiyah 2 Tangerang terletak di tengah kota Tangerang yang  sangat strategis dengan tempat rekreasi Situ Cipondoh serta warung internet (warnet) di sekitar sekolahan. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pengertahuan dan keterpaparan media dengan perilaku seks pranikah remaja di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang. Metode Penelitian adalah cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang berjumlah 134 siswa. Jumlah sampel adalah 100 siswa dengan pengambilan sampel secara Stratified Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan  menggunakan uji spearman rank. Hasil penelitian ini adalah responden terbanyak berumur 15 tahun (57%), dengan jenis kelamin terbanyak adalah perempuan (53%), serta tingkat pendidikan terakhir orang tua responden terbanyak yaitu SMA pada Ayah (50%) dan SMA pada Ibu (47%). Pengetahuan responden tentang perilaku seks pranikah remaja yaitu tinggi sebanyak 53% responden, ngaruh teman sebaya yaitu tinggi sebanyak 52% responden, keterpaparan media massa yaitu tinggi sebanyak 52% responden, dan perilaku seks pranikah remaja pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang yaitu tinggi sebanyak 54% responden. Tidak ada hubungan antara pengetahuan tentang perilaku seks pranikah dengan perilaku seks pranikah remaja (p value=0,060 > α=0,05), ada hubungan antara pengaruh teman sebaya dengan perilaku seks pranikah remaja (p value=0,000 < α=0,05), ada hubungan keterpaparan media massa dengan perilaku seks pranikah remaja (p value=0,000 < α=0,05). Perlu adanya penyuluhan atau seminar tentang dampak perilaku seksual pranikah pada remaja dan pemeriksaan Hp siswa di sekolah.

Kata kunci: pengaruh teman sebaya, keterpaparan media massa, perilaku seks pranikah


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Banun F.O.S, dan Soedijono S., “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Mahasiswa Semester V STIKes X Jakarta Timur 2012”, Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(1), 2013.

Darmasih R., Noor A.S., dan Azizah G.T., “Kajian Perilaku Sex Pranikah Remaja SMA di Surakarta”, Jurnal Kesehatan, 4(2), 2011.

Dewi, Ari Pristiana, “Hubungan Karakteristik Remaja, Peran Teman Sebaya dan Paparan Pornografi dengan Perilaku Seksual Remaja di Kelurahan Pasir Gunung Selatan Depok”, Tesis, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012.

Fitriana N.G., “Hubungan Pengetahuan dan Sikap tentang Seks Pranikah dengan Perilaku Seksual pada Siswa SMK XX Semarang”, e-Jurnal, 2010.

Hidayah N.F.N., dan Maryatun, “Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja di SMK Batik 1 Surakarta”, GASTER 10(2), 2013.

Kusmiran, E., “Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita”, Salemba Medika, Jakarta, 2011.

Maryatun, “Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Seksual Pra Nikah pada Remaja di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta”, GASTER 10(1), 2013.

Noor J., “Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah”, Edisi Pertama, Kencana Prenada Media Group, Jakarta. 2011.

Notoatmodjo S., “Metodologi Penelitian Kesehatan”, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta, 2010.

_____________, “Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan”, Edisi Revisi 2012, Rineka Cipta, Jakarta, 2012.

Nursal,D.G.A., “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Murid SMU Negeri di Kota Padang Tahun 2007”, Jurnal Kesehatan Masyarakat II, 2008.

Pratiwi, N.L. dan Hari Basuki, “Analisis Hubungan Perilaku Seks Pertama Kali Tidak Aman Pada Remaja Usia 15-24 Tahun Dan Kesehatan Reproduksi”, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 13(4), 2010.

Priyatno D., “Mandiri Belajar SPSS”, MediaKom, Yogyakarta, 2008.

Sarwono, Sarlito W., “Psikologi Remaja”, Edisi Revisi, Rajawali Pers, Jakarta, 2012.

Teguh A., Tinuk I. dan Laksmono W., “Hubungan Pengetahuan, Sikap terhadap kesehatan reproduksi dengan Praktik Seksual Pranikah pada Mahasiswi Kebidanan di Politeknik Kesehatan Depkes Semarang”, Jurnal Kesehatan Masyarakat 2013, 2(2), 2013. Online di http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm

Utari, Syarifah, dan Namora L.L., “Hubungan Media Elektronik dengan Perilaku Siswa tentang Seks Pra-Nikah di SMK Muhammadiyah 2 Kota Pematangsiantar Tahun 2012”, e-Jurnal Universitas Sumatera Utara, 2012.

Wulandari D., “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seks Pranikah Remaja Kelas XI di SMKN 25 Jakarta Selatan”, Skripsi Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, 2013.

Zulhaini & Masyithah N., “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Binjai”, Intelektual 6(1), 2011. Diakses dari digilib.unimed.ac.id




DOI: https://doi.org/10.47007/inohim.v2i1.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jl Arjuna Utara No 9. Tol Tomang, Kebon Jeruk, Jakarta. 11510

Email : inohim.ueu@esaunggul.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats